3D GRAPHICS? IT IS SO YESTERDAY!

Apakah 4 Dimensi itu? Dimensi ke-4 mewakili ruang dan waktu. Dimensi adalah bentuk nyata dari 3 Dimensi yang kita kenal (Panjang, Lebar, Tinggi) yang setiap bentuknya membutuhkan ruang dan proses waktu. Jadi tanpa adanya Dimensi ke-4, kita semua tidak akan pernah ada.
Dalam Video, 3 Dimensi adalah bentuk 4 Dimensi dalam keadaan pause. Begitu pula dalam render gambar Videogames yang kita lihat selama ini.
Berbeda dengan kehidupang nyata, render gambar Videogames yang kita kenal hanya meliputi setengah dari dimensi e-4, yaitu ruang, sedangkan proses waktu tidak dilakukan dalam real-time (penuaan, pembusukan, dsb) atau disebut pre-render (sudah digambar terlebih dahulu).
Kekuatan komputasi PS3 yang begitu kuat sering kali membuat orang menyebut konsol PS3 sebagai Mini render farm (super komputer yang dirancang khusus untuk merender gambar 3 dimensi). Dengan kekuatan prosessor Cell sampai dengan 2 TFLOPS, menurut situs gamer-creed.com, sebenarnya memungkinkan bagi PS3 untuk merender Dimensi ke-4 dari gambar secara realtime. Sebagai gambaran seperti ini :
Selama ini kita membuat gambar 3 dimensi dengan membentuk poligon lalu memberinya texture untuk permukaannya dan terakhir diberikan sifat material texture tersebut agar terlihat meyakinkan ketika dihadapkan kepada cahaya. Untuk proses efek waktu seperti penuaan, pembusukan, dan sebagainya dilakukan dengan animasi 2 dimensi pada texture permukaan tersebut. Sehingga yang terjadi sebenarnya adalah tipuan animasi untuk membuat situasi proses efek waktu.
Dengan proses rendering 4 Dimensi, proses efek waktu yang terjadi adalah dengan sendirinya akibat berbagai kondisi dan situasi yang memperngaruhi sifat bentuk tersebut, seperti real-time rendering dalam hal cahaya dan bayangan seperti yang kita dapat lihat pada game PS3, Xbox 360, maupun PC pada jaman sekarang, tapi dalam hal ini adalah efek yang terjadi pada bentuk tersebut seiring waktu berjalan sesuai dengan ketetapan hukum fisika yang berlangsung.
Berikut ini adalah contoh dari 3 Dimension rendering.
Dan ini adalah penggambaran dari proses 4 Dimension Rendering
Proses ini sangat berguna untuk membuat benda-benda yang memiliki sifat texture yang kompleks seperti air menguap, batu menjadi basah, proses penuaan barang ataupun makhluk hidup.
Berikut ini adalah contoh texture yang tidak dapat dilakukan pada 3 Dimension rendering
Gimana menurut gamers? apakah masa depan graphic game PS3 akan seperti yang situs Gamers-creed.com katakan?
No comments:
Post a Comment